Wonder Reader, Wakil Indonesia Pertama pada Top 3 Google Solution Challenge 2023

TEMPO.CO, Jakarta – Setelah menempuh proses selama enam bulan, Google mengumumkan pemenang program Google Solution Challenge 2023, dengan Tim Wonder Reader dari Indonesia sukses menjadi salah satu pemenang program ini. 

Kabar ini diumumkan di acara Demo Day pada Kamis, 3 Agustus 2023, di kanal YouTube Google for Developers. Wonder Reader terpilih menjadi Top 3 bersama dengan Buzzbusters dari Bolivia dan HeadHome dari Singapura.

Anggota tim Wonder Reader merupakan empat mahasiswa dari Binus International yang sebelumnya berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang lolos ke tahap 10 besar program Google Solution Challenge 2023.

Mereka adalah Philipus Adriel Tandra (19), Aric Hernando (21), Jason Jeremy Wijadi (21), dan Jason Christian Hailianto (21) dari Jakarta. Mereka menciptakan alat pembaca huruf Braille.  

Jason Christian Hailianto (21), team leader Wonder Reader, mengatakan antusias saat mengetahui timnya disebut sebagai pemenang. “Kami sangat bangga menjadi perwakilan dari Indonesia yang pertama kali masuk ke Top 3 dalam program ini,” kata Christian dalam rilis yang dibagikan 4 Agustus 2023.

Atas nama rekan setim, ia menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Mitra Netra, teman-teman di komunitas GDSC, Google Developers dan teman-teman serta keluarga. Ia berharap keberhasilan  ini merupakan batu loncatan yang signifikan bagi timnya untuk menjadikan Wonder Reader produk asli Indonesia dan mendistribusikan ke komunitas.

Bagi Jason Christian, ini merupakan kemenangan keduanya setelah tahun 2021 juga berhasil masuk Top 10 bersama Aric Hernando dan Jason Jeremy Wijadi.

Dalam sesi presentasi di acara Demo Day, tim Wonder Reader menyampaikan bahwa mereka ingin menciptakan dampak dan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, terutama penyandang tunanetra.

Visi mereka adalah dapat menyediakan display Braille yang dapat diakses semua orang. Mereka juga terbuka untuk kolaborasi skala besar dalam mendesain ulang konsep Wonder Reader sesuai kebutuhan.

Baca Juga  Inge Ditinggalkan Pengacara yang Disiapkan Ari Wibowo Jelang Sidang Cerai

Iklan

Rekannya, Jason Jeremy Wijadi (21) menjelaskan adanya merencana untuk memproduksi alat ini secara massal dan mendistribusikannya ke komunitas yang membutuhkan. “Ke depannya, kami menargetkan untuk membuat 10 buah Wonder Reader dalam bentuk DIY kit yang dilengkapi dengan bahan dan instruksi sederhana sehingga memudahkan komunitas ketika membuatnya,” jelasnya. 

Kesepuluh alat ini adalah prototipe ketiga dan tim ingin memastikan kualitasnya konsisten karena ini menjadi langkah penting untuk Wonder Reader beredar di pasaran.

Google Solution Challenge 2023 Demo Day merupakan acara puncak yang menghadirkan 10 tim terbaik, setelah melewati seleksi ketat lebih dari 2.000 pendaftar dari 76 negara, untuk mempresentasikan solusi yang mereka kembangkan.

Dari kesepuluh proyek ini kemudian dipilih pemenang berdasarkan seberapa besar dampak yang dihasilkan dan penggunaan setidaknya satu teknologi Google dalam berkontribusi terhadap satu atau beberapa United Nations Sustainable Development Goals.

Setiap pemenang akan menerima hadiah sebesar US$ 3.000 per anggota tim, disertakan dalam Google Developers Blog dan masih terus mendapatkan pendampingan dari pakar Google untuk mengembangkan alat.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/Losergeek.orgdotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *