Pemkab Agam Gelar Uji Kompetensi 13 Camat

INFO NASIONAL — Pemerintah Kabupaten Agam, menggelar uji kompetensi terhadap 13 orang camat, di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Senin, 31 Juli 2023 dan Selasa,1 Agustus 2023. ke-13 camat itu adalah Camat Baso, Rio Eka Putra, Camat Sungai Pua, Ridwan, Camat Ampek Angkek, Eko Espito, Camat Palupuah, Zulfikar Zulkifli, Camat Kamang Magek, Ifradi dan Camat IV Koto, Ricky Eka Putra.

Selanjutnya Camat Malalak, Rahmat Fajri, Camat Palembayan, Sabirun, Camat Lubuk Basung, Hidayatul Taufik, Camat Tanjung Mutiara, Edo Aipa Pratama, Camat Banuhampu, Susi Karmila, Camat Canduang, M Noviardi Ismail dan Camat Tilatang Kamang, Syahrul Hamidi. “Uji kompetensi hanya diikuti bagi camat yang telah dilantik lebih dari setahun, serta belum pernah mewakili daerah untuk uji kompetensi tingkat Sumatera Barat,” ujar Asisten I Setda Agam, Rahman.

Kabupaten Agam, kata dia, memiliki 16 camat, tiga diantaranya tidak bisa mengikuti uji kompetensi tersebut, dua kecamatan karena tidak memenuhi persyaratan dan satu kecamatan sudah pernah meraih prestasi di tingkat provinsi Sumatera Barat. Ketiga camat itu yakni, Camat Matur, Subchan, Camat Ampek Nagari, Rizona Guiza dan Camat Tanjung Raya, Roza Syafdefianti.

Menurut Rahman, uji kompetensi dilakukan untuk melihat dan mengevaluasi kompetensi camat dalam bidang penyelenggara pemerintahan, bidang pelaksanaan pembangunan dan kemasyarakatan. “Dengan dilakukan uji kompetensi, kita berharap camat dapat melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pelaksanaan pemerintahan terdepan. Sehingga terciptanya masyarakat yang sejahtera,” ujar dia.

Uji kompetensi saat ini dilakukan pemaparan ekspose camat dan wawancara, bagi yang masuk tiga besar dilanjutkan tinjau lapangan. Kemudian camat yang berhasil jadi terbaik bakal mewakili Agam ke tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Tahun 2018, Agam berhasil meraih camat terbaik pertama atas nama Handria Asmi, yang waktu itu menjabat sebagai Camat Tanjung Raya. Sedangkan, Tahun 2022, Camat IV Koto yang saat ini dijabat oleh Ricky Eka Putra, pernah ditetapkan sebagai Juara I camat berpretasi tingkat Kabupaten Agam dan menjadi 6 besar tingkat Provinsi Sumatera Barat,” tutur Rahman.

Baca Juga  Link Live Streaming Indonesia vs Malaysia di Piala AFF-U23

Dalam hal ini, bertindak selaku tim penilai bidang pemerintahan yaitu, Asisten I Setda Agam, Rahman dan Asisten III Setda Agam, Andrinaldi. Bidang pembangunan yaitu, Asisten II Setda Agam, Jetson dan Ketua LKAAM, Junaidi, Dt. Gampo Alam Nan Hitam. Bidang kemasyarakatan yaitu Plt Ketua Bundo Kanduang, Ny Yenni Andri Warman dan Ketua MUI, Taufik.(*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *