Menhan Prabowo Kembali Tambah Alutsista TNI AU, 5 Pesawat NC-212i Akan Perkuat Skadron 4 Lanud ABS

Selasa, 12 Desember 2023 – 11:54 WIB

Jakarta – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia kembali menambah kekuatan alutsista TNI Angkatan Udara. Alutsista terbaru yang akan memperkuat TNI AU itu adalah pesawat jenis NC-212i buatan industri pertahanan dalam negeri, PT Pindad Indonesia (PTDI).

Baca Juga :

Debat Perdana, Grace Natalie Bocorkan Persiapan Prabowo

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto hari ini secara resmi menyerahkan lima unit pesawat terbang NC-212i kepada Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya (Marsdya) TNI A. Gustaf Brugman yang mewakili KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Prabowo menjelaskan, penyerahan lima unit pesawat jenis angkut ringan NC-212i itu merupakan bukti kongkret bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen dalam membangun kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di masa mendatang.

Baca Juga :

Jelang Debat Pilpres 2024, TKN: Prabowo Tetap Fokus Tugas Sebagai Menhan

“Alhamdulillah hari ini kita menyerahkan lima unit pesawat terbang NC-121i buatan perusahaan dalam negeri PTDI kepada TNI AU. Kementerian Pertahanan melakukan pengadaan sebanyak 9 unit pesawat NC-121i, hari ini kita serahkan lima unit, empat unit lagi mudah-mudahan dapat selesai dalam waktu mendatang,” kata Menhan RI Prabowo Subianto di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa, 12 Desember 2023.

Lebih jauh dijelaskan, pengadaan pesawat ini adalah dalam rangka mendukung kegiatan operasional TNI baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan memajukan industri pertahanan dalam negeri.

Baca Juga :

129.923 Personel TNI-Polri Dikerahkan Amankan Natal dan Tahun Baru

“Pesawat ini memiliki kandungan 40 persen TKDN,” ujarnya.

Baca Juga  Perjuangan Mapala USK Kibarkan Bendera Pusaka di Tebing, Medan Ekstrem dan Butuh Waktu 8 Jam

Prabowo pun berharap, pesawat jenis angkut ringan NC-121i yang baru memperkuat jajaran alutsista TNI AU itu dapat mendukung kegiatan Matra Angkatan Udara di masa mendatang.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, dalam serah terima pesawat terbang NC-212i itu, Menhan RI Prabowo Subianto secara simbolis membuka tirai di bodi pesawat yang dilanjutkan dengan prosesi pecah kendi dan siraman air kembang ke hidung pesawat.

Setelah itu, Prabowo secara simbolis menyerahkan kunci pesawat kepada Wakasau Marsdya TNI A. Gustaf Brugman, yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata miniatur pesawat NC-212i dari Wakasau kepada Menhan RI Prabowo Subianto.

Untuk diketahui, Pesawat NC-212i dapat digunakan dengan berbagai konfigurasi antara lain sebagai pengangkut pasukan, evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca atau hujan buatan, dan pelatihan navigasi udara.

Dengan design dan proses perawatan yang simple menjadikan pesawat ini efisien dalam biaya operasional maupun perawatan sehingga menjadikannya pesawat terbaik di segmen pesawat angkut ringan.

Adapun keunggulan pesawat NC-212i yaitu pesawat menggunakan sistem avionik generasi terbaru guna meningkatkan keselamatan penerbangan dan mengurangi beban kerja crew pesawat; memiliki kapasitas muatan 28 penumpang, payload terbesar di kelasnya yaitu 3 ton, kabin terluas di kelasnya dengan volume kabin 22 m3, dilengkapi dengan ramp door untuk mempermudah loading dan unloading; serta memiliki kemampuan take off landing di runway sepanjang 60 meter, baik di landasan rumput maupun pasir atau landasan yang tidak beraspal. 

Pesawat terbang NC-212i itu rencananya akan memperkuat jajaran alutsista di Skadron Udara 4 Lanud Abdulrahman Saleh, Malang.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *