Mengintip 5 Kandungan dan Manfaat Sorgum untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Rabu, 4 Oktober 2023 – 17:26 WIB

Jakarta – Sorgum, juga dikenal sebagai gandum India atau millet, adalah tanaman biji-bijian yang telah menjadi bagian penting dari makanan dan budaya di seluruh dunia selama ribuan tahun. Sorgum mungkin kurang dikenal dibandingkan dengan gandum atau beras.

Baca Juga :

Cuaca Panas Bisa Bikin Produktivitas Kerja Anjlok, Ini Penjelasan Epidemiolog

Sorgum adalah bijian yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa kandungan dan manfaat kesehatan sorgum yang luar biasa untuk tubuh kita.

Baca Juga :

Pentingnya Asupan Nutrisi Bagi Ibu Hamil untuk Cegah Anak Terlahir Stunting

Salah satu kandungan utama sorgum adalah serat. Serat merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Konsumsi sorgum secara teratur dapat membantu mencegah sembelit, mengurangi risiko penyakit usus besar, dan menjaga berat badan yang sehat. 

Baca Juga :

Gatal Luka, Tanda Penyembuhan atau Infeksi?

Serat juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

2. Protein Berkualitas Tinggi

Sorgum mengandung protein berkualitas tinggi yang merupakan aspek penting dalam diet seimbang. Protein adalah bahan bangunan utama untuk sel-sel tubuh kita, dan sorgum menyediakan sumber protein yang bagus untuk vegetarian dan vegan. 

Protein dalam sorgum juga mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, menjadikannya alternatif yang baik untuk sumber protein hewani.

3. Antioksidan Kuat

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mencicipi kuliner berbahan dasar Sorgum

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mencicipi kuliner berbahan dasar Sorgum

Sorgum kaya akan antioksidan, termasuk fitokimia seperti tanin, fenolik, dan antosianin. Antioksidan berperan penting dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Baca Juga  Kelakar Heru Budi Bakal Pindahkan ASN ke IKN jika Kinerjanya Jelek

Mereka dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini. Mengonsumsi sorgum secara teratur dapat membantu meningkatkan kapasitas antioksidan dalam tubuh kamu.

4. Kaya akan Nutrien Penting

Sorgum mengandung sejumlah nutrien penting, termasuk zat besi, magnesium, fosfor, dan vitamin B seperti niacin, riboflavin, dan tiamin. Nutrien-nutrien ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah, metabolisme energi, dan kesehatan tulang. Mencakup sorgum dalam diet dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Ilustrasi tepung bebas gluten.

Ilustrasi tepung bebas gluten.

Salah satu keunggulan besar sorgum adalah bahwa itu bebas gluten. Ini membuatnya menjadi alternatif yang ideal bagi mereka yang menderita penyakit celiac atau intoleransi gluten. Saat ini, sorgum digunakan untuk membuat berbagai produk bebas gluten. 

Produk tersebut misalnya tepung sorgum, pasta sorgum, dan roti bebas gluten. Ini memungkinkan individu yang tidak dapat mengonsumsi gluten untuk tetap menikmati makanan lezat tanpa risiko gangguan pencernaan.

Halaman Selanjutnya

Source : Times of India

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *