Liga 1 Jadi Berkah Bagi Pelaku UMKM

Sabtu, 25 November 2023 – 06:15 WIB

VIVA – BRI Liga 1 2023/2024 tidak hanya menghadirkan pertandingan seru, tapi juga membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya. Hampir di semua pertandingan Liga 1 terutama di partai besar, penonton sudah pasti membeludak dan memberikan efek domino pada pengusaha kecil di sekitar stadion.

Baca Juga :

Duel Persebaya Surabaya Vs PSIS Semarang Ditunda Jadi Januari 2024

Contohnya pada pertandingan Persija Jakarta kontra Persikabo 1973 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis, 9 November 2023 lalu. Laga tersebut menjadi salah satu pertandingan besar atau bigmatch BRI Liga 1 2023/2024 yang sangat ditunggu-tunggu pendukung kedua kesebelasan dan pecinta sepak bola Indonesia.

Persaingan kekuatan sepak bola Jakarta dan Bogor itu memang sudah mengakar sejak lama. Namun, di balik keseruan laga tersebut, adapula pelaku UMKM yang mendapatkan berkah dari laga bigmatch BRI Liga 1 2023/2024 itu. Terdapat beberapa booth merchandise dari suporter Macan Kemayoran yang menjajakan atribut kebanggan klub di ring road Stadion Patriot

Baca Juga :

Prediksi Pertandingan Liga 1: Dewa United vs Persib Bandung

Orange All Shop (OAS) menjadi salah satu booth merchandise yang ramai dikunjungi fan Persija Jakarta, yakni Jakmania. Muhammad Nursalim, salah satu staf OAS, mengaku mendapatkan pemasukan yang lebih dari biasanya saat berjualan di ring road Stadion Patriot.

Perlu diketahui, OAS merupakan salah satu toko resmi Jakmania. Mereka menjual produk-produk sendiri, seperti t-shirt, jaket, syal, dan produk ofisial Persija. Karena desain yang menarik dan juga menjual produk resmi Persija, OAS banyak diserbu oleh para fan Persija.

Baca Juga :

Prediksi Liga 1: Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang

Baca Juga  Asian Games 2023, Timnas Indonesia Diminta Jaga Tradisi Kemenangan

“Sangat lumayan, biasanya kita mendapatkan keuntungan sekitar Rp 3 sampai Rp 5 juta. Bahkan dulu pernah mencapai keuntungan sebesar Rp 7 juta. Ya, setiap pertandingan ada saja yang beli merchandise di OAS. Sangat membantu untuk pelaku usaha seperti kita,” kata Nursalim dalam keterangan yang

Selain merchandise, usaha makanan juga cukup laris saat pertandingan berlangsung. Toko Makan Kebab menjadi salah satu yang membuka kedai di saat pertandingan berlangsung. Makan Kebab mendapat keuntungan yang cukup saat ada pertandingan sepak bola.

“Ya, hasilnya lumayan untuk sekali pertandingan. Keuntungannya bisa lebih dari hari-hari biasa,” kata Moch Zulfikri, pemilik Makan Kebab.

BRI selaku sponsor resmi Liga 1 2023/2024 senang dengan menjamurnya pelaku UMKM dari kalangan suporter. Hal ini menunjukkan bukan hanya peningkatan kualitas BRI Liga 1 2023/2024 secara kompetisi, melainkan juga bermanfaat bagi kalangan UMKM.

Hal ini tentu saja sejalan dengan komitmen BRI sebagai sponsor utama kompetisi untuk menciptakan kompetisi sepak bola yang terbaik dan menjadi pemersatu bangsa Indonesia dengan hastag #BolaPemerstuBangsa #BRIPalingBola. Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan BRI Liga 1 sukses menjadi penggerak perekonomian dan bahkan melahirkan efek bagi pelaku UMKM.

“Dari sisi ekonomi, penyelenggaraan BRI Liga 1 berhasil menjadi motor penggerak ekonomi khususnya di industri sepak bola nasional serta UMKM yang terlibat dalam industri sepak bola,” kata Sunarso.

Halaman Selanjutnya

“Ya, hasilnya lumayan untuk sekali pertandingan. Keuntungannya bisa lebih dari hari-hari biasa,” kata Moch Zulfikri, pemilik Makan Kebab.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *