Jelajah Gizi 2023 Perkenalkan Manfaat Konsumsi Pangan Berkelanjutan untuk Kesehatan

Rabu, 16 Agustus 2023 – 08:01 WIB

Solo – Sampai saat ini, Indonesia masih memiliki tantangan besar dalam permasalahan gizi masyarakatnya.Tiga masalah yang sedang dihadapi adalah stunting, wasting dan obesitas. Lebih jauhnya, permasalahan zat gizi mikro yang terjadi dibuktikan dengan fakta di lapangan. 

Baca Juga :

BPOM Beberkan Kriteria dan Kunci dari Keamanan Pangan, Apa Saja?

Diperkirakan, sekitar 8 dari 10 anak Indonesia mengalami kekurangan DHA dan 1 dari 3 anak kekurangan zat besi. Salah satu penyebab dari permasalahan ini adalah minimnya pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang bergizi seimbang. 

Untuk itu, selain mengeksplorasi potensi pangan lokal, Jelajah Gizi 2023 mengeksplorasi lebih jauh akan pentingnya pangan berkelanjutan dan dampaknya bagi kesehatan, masyarakat maupun lingkungan di Klaten, Jawa Tengah dan Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Baca Juga :

Rayakan Semangat Kemerdekaan, Bank Mandiri Dorong Peningkatan Kesehatan di Jayapura

Prof Ahmad Sulaeman, Ahli Gizi (kedua kiri)

Prof Ahmad Sulaeman, Ahli Gizi (kedua kiri)

Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD yang merupakan Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor mengatakan bahwa susu merupakan minuman kaya gizi yang tidak hanya dapat mendukung pola pertumbuhan yang sehat bagi anak.  

Baca Juga :

Sandra Dewi Keluhkan Polusi Udara Buruk, Sebut Anak Gampang Sakit

“Namun juga pemenuhan gizi bagi segala usia. Hal ini disebabkan karena susu memiliki beberapa zat gizi penting untuk pertumbuhan tubuh, seperti protein, kalsium, serta diperkaya oleh berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tumbuh kembang anak,” jelasnya. 

Prof. Ahmad menambahkan, konsumsi pangan yang sehat tidak hanya perlu diperhatikan dari kandungan gizinya, tapi asal-usul pangan tersebut guna memastikan bahwa sumber pangan tersebut diambil dari sumber alam yang baik, melewati proses pengolahan yang baik pula.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *