Gunung Marapi Kembali Erupsi, Potensi Banjir Lahar Dingin Mengancam

Rabu, 13 Desember 2023 – 13:32 WIB

Padang – Gunung Marapi, Sumatera Barat, kembali erupsi pada Rabu 13 Desember 2023 pukul 05.52 WIB. Erupsi tersebut, terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi kurang lebih 54 detik.

Baca Juga :

Gunung Marapi Erupsi Lagi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 500 Meter

Kolom abu vulkanik yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 500 meter di atas puncak.

“Sejak erupsi pertama kali pada pekan pertama Desember kemarin, tercatat Gunung Marapi telah mengalami letusan sebanyak 83 kali dan 350 hembusan,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Marapi, Ahmad Rifandi, Rabu 13 Desember 2023.

Baca Juga :

Jasad Korban Erupsi Marapi Keluarkan Aroma Wangi, Frengki Ternyata Penghafal Al Quran

Gunung Marapi, Sumatra Barat erupsi lagi.

Photo :

  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

Meski demikian kata Ahmad, status Gunung Marapi masih berada pada level II (Waspada) dengan rekomendasi, tidak diperbolehkan melakukan pendakian dengan mendekati radius 3 kilometer dari kawah atau puncak.

Baca Juga :

Awan Berlafadz Allah Muncul di Puncak Gunung Marapi, Dikaitkan dengan Erupsi Dahsyat

Ahmad bilang, mengingat aktivitas Gunung Marapi masih tinggi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya banjir lahar dingin.

“Harap diwaspadai sungai-sungai yang diperkirakan akan terlanda lahar dan berhulu dari Gunungapi Marapi. Kita sudah sampaikan pemodelan perkiraan aliran lahar Gunungapi Marapi. Namun, untuk data valid tetap cek ke lapangan,” kata Ahmad Rifandi.

Gunung Marapi di Sumatera Barat meletus

Gunung Marapi di Sumatera Barat meletus

Peristiwa letusan dan erupsi Gunung Marapi Sumbar terjadi pada Minggu 3 Desember 2023 sore. Sebanyak 75 pendaki berada di area cadas dan puncak Marapi. Dari 75 pendaki itu, 23 orang terkonfirmasi meninggal dunia.

Baca Juga  Kemenkeu Sebut Pinjaman Pemerintah Terkendali dan Berdampak Positif bagi Rakyat

Proses pencarian dan evakuasi korban pun sudah resmi ditutup. Namun, tim gabungan sampai hari ini masih berada di posko penanggulangan bencana erupsi untuk memperkuat mitigasi bencana.

Halaman Selanjutnya

Source : Dok BNPB

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *