Apa Betul Relawan Anies Baswedan Ngamuk dan Datangi Markas PDIP?

Informasi salah soal gerebek markas partai yang dilakukan relawan Anies Baswedan.

Sebuah disinformasi beredar di kalangan masyarakat tentang relawan Anies Baswedan yang menjajah markas PDIP.

Berita ini diunggah di kanal YouTube oleh sebuah akun bernama REDAKSI TV dalam bentuk video. Judulnya “JADI BAHAN AMUKAN !! RELAWAN ANIES JAJAH MARKAS PDIP HINGGA LAKUKAN HAL MENGEJUTKAN INI”.

Foto thumbnail adalah pihak yang tengah meminta pihak lain bersabar. Dilengkapi dengan tulisan “BREAKING NEWS JAJAH MARKAS PDIP ANIES SIAGAP DATANGI GANJAR LAKUKAN HAL MENGEJUTKAN”.

Benarkah informasi ini?

CEK FAKTA

Kabar yang disampaikan oleh video tadi adalah salah atau tidak benar

Turnbackhoax.id mengadakan penelusuran dan hasilnya tidak ditemukan informasi mengenai peristiwa penjajahan markas PDIP yang dilakukan relawan Anies Baswedan.

Video berisi cuplikan kegiatan Ganjar Pranowo saat menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di Solo Jawa Tengah pada Kamis (20/7/2023).

Narasi yang dibacakan pada video juga identik dengan artikel yang diunggah Katadata dengan judul “Ganjar, Anies, Prabowo Kembali Satu Forum, Sebut Siap Bersaing Sehat”.

Pada artikel yang diunggah pada 29 Juli 2023 itu dijelaskan bahwa tiga bakal calon presiden yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Presiden 2024 hadir dalam acara Belajaraya 2023 di Posbloc, Jakarta Pusat.

Ketiganya ialah eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Diskusi tersebut membahas berbagai topik mengenai pendidikan. Ketiganya mengisi topik diskusi dengan rentang waktu yang berbeda-beda.

Ganjar pun menyampaikan komitmen siap bersiang secara sehat dalam perhelatan Pilpres 2024 mendatang.
 
Dengan demikian, video berjudul  “JADI BAHAN AMUKAN !! RELAWAN ANIES JAJAH MARKAS PDIP HINGGA LAKUKAN HAL MENGEJUTKAN INI” masuk kategori konten yang menyesatkan atau misleading content.
 
 
Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Baca Juga  Muhammadiyah Usul Sidang Isbat Dihapus, NU Akan Protes kalau secara Tiba-tiba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *