Antony Blinken Izinkan Belanda dan Denmark Jika Ingin Kirim Jet Tempur ke Ukraina

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dalam sepucuk surat pada Den Hague dan Copenhagen yang ditembuskan juga ke Reuters pada Kamis, 17 Agustus 2023, menyebut pihaknya telah mengizinkan Denmark dan Belanda mengirimkan jet tempur F-16 segera setelah pelatihan pilot-pilot Ukraina selesai.

“Saya menulis (surat ini) untuk mengutarakan kalau Amerika Serikat sepenuhnya mendukung kedua negara untuk mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina dan memberikan pelatihan pada pilot-pilot di Ukraina agar bisa memenuhi kualifikasi mengendalikan F-16,” kata Blinken dalam suratnya    

Reuters dalam pemberitaannya menyebut Blinken berjanji kalau Amerika Serikat akan menyetujui semua kebutuhan pihak ketiga dalam rangka pengiriman jet-jet tempur buatan Amerika Serikat tersebut sehingga Ukraina bisa sepenuhnya mendapat keuntungan. Pengiriman jet-jet tempur tersebut diharapkan dilakukan dalam Losergeek.org secepat-cepatnya setelah para pilot rampung dengan pelatihannya.

Surat Blinken itu dilayangkan hanya berselang sehari setelah juru bicara Angkatan Udara Ukraina Yury Ignat mengatakan kalau Kyev punya harapan tinggi bisa menerima jet-jet tempur pada tahun ini. Sebab pihaknya pesimis bisa melindungi negaranya tanpa adanya jet tempur F-16 pada musim gugur dan musim dingin ini.

Denmark dan Belanda adalah dua negara yang saling berkoalisi untuk melatih pilot-pilot asal Ukraina dalam mengoperasikan jet-jet tempur buatan Amerika Serikat. Selain kedua negara itu, Belgia, Kanada, Luxembourg, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Inggris dan Swedia juga memberikan pelatihan pada pilot-pilot Ukraina. Sekita separuh dari negara-negara yang memberikan pelatihan itu, sebenarnya tidak memiliki jet tempur F-16 dan sampai berita ini diturunkan, belum ada yang berkomitmen secara terang-terangan untuk mengirimkan jet tempur yang mereka miliki ke kyev.   

Baca Juga  Masalah Keuangan Bikin Ashanty Nyaris Cerai dari Anang Hermansyah, Padahal Baru Nikah Setahun

Iklan

Juru bicara Presiden Amerika Serikat Joe Biden Jake Sullivan pada awal Juli 2023 berkeras mengatakan jet – jet tempur itu kemungkinan akan datang dari negara-negara Eropa yang punya kelebihan suplai jet tempur F-16.

Sumber: RT.com

Pilihan Editor: India Borong Alutsista Prancis Rp92 T, 26 Jet Tempur Rafale M dan Tiga Kapal Selam

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *