Ahli Gizi Jelaskan Manfaat Segelas Susu untuk Tumbuh Kembang Anak

Rabu, 16 Agustus 2023 – 13:07 WIB

Solo – Mengonsumsi susu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan juga untuk mencegah stunting pada anak. Apalagi, saat ini Indonesia tengah menghadapi tiga tantangan besar dalam permasalahan gizi yaitu stunting, wasting dan obesitas.

Baca Juga :

Ragam Manfaat Pare Bagi Kesehatan, Menurunkan Gula Darah hingga Tingkatkan Imunitas

Apalagi, susu adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh karena memiliki kadar nutrisi yang tinggi dan asam amino ensensial yang lengkap. Hal ini diungkap oleh Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor. 

Dia menjelaskan bahwa segelas susu mengandung protein yang setara dengan empat butir telur. Bukan hanya itu, susu juga mengandung kalsium yang baik untuk tubuh, vitamin B, vitamin A, hingga vitamin C yang diperlukan untuk pertumbuhan anak. 

Baca Juga :

Deret Penyakit Berbahaya bagi Bayi, IDAI: Difteri Itu Mematikan

Prof Ahmad Sulaeman, Ahli Gizi (kedua kiri)

Prof Ahmad Sulaeman, Ahli Gizi (kedua kiri)

“Kemudian juga asam aminonya lengkap, kalau kedelai dia masih ada kekurangan ya, walaupun ada varietas baru. Susu juga akan membantu mengatasi stres, susu itu ternyata memiliki efek menenangkan,” jelas Prof Ahmad dalam program Jelajah Gizi Danone Indonesia. 

Baca Juga :

Dongkrak Kualitas SDM RI, Jokowi Klaim Sukses Turunkan Angka Stunting

Lebih lanjut, Prof Ahmad mengatakan bahwa susu menjadi sumber protein hewani yang baik karena daya cerna protein susu menjadi standar untuk mengukur mutu protein. Susu juga menjadi sumber mineral penting, seperti kalsium, fosfor, dan mineral lainnya. 

“Susu menjadi sumber vitamin D, vitamin B, dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Susu juga bisa menjadi camilan sehat dengan menambah potongan buah-buahan untuk pengganti makan malam,” tambahnya. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *