6 Masalah yang Bikin Air Wiper Mobil Macet

Rabu, 17 Januari 2024 – 20:14 WIB

Jakarta, 17 Januari 2024 – Kaca depan mobil yang jernih adalah kunci keselamatan berkendara. Bayangkan berkendara saat hujan deras tanpa wiper yang berfungsi? Pastinya ngeri dan membahayakan.

Baca Juga :

Berantas Korupsi, Ganjar Bakal Miskinkan dan Seret Koruptor ke Nusa Kambangan

Nah, komponen vital yang membuat kaca depan tetap bersih adalah air wiper. Tapi apa jadinya jika air wiper macet dan tidak berfungsi?

Air wiper yang macet tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, tapi juga bisa berisiko kecelakaan. Kotoran dan debu yang menumpuk di kaca depan akan menghalangi pandangan pengemudi, apalagi saat hujan atau cuaca berkabut. Risiko tabrakan pun meningkat drastis.

Baca Juga :

Mobil Ini Laku 1.000 Unit dalam Waktu 6 Detik

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Suzuki Indonesia, ada beberapa penyebab utama air wiper macet, yaitu:

Baca Juga :

Terpopuler: Pajak Progresif DKI Jakarta Naik, Merek Mobil Paling Laku 2023

1. Debu dan Kotoran Menumpuk
Biang kerok nomor satu! Kotoran yang menumpuk pada karet wiper, selang, hingga motor akan menghambat aliran air. Rajinlah membersihkan komponen wiper.

2. Air Reservoir Habis
Reservoir adalah tempat air wiper yang dicampur cairan anti jamur. Jika airnya habis, motor wiper hanya akan memompa angin, bukan air. Biasakan cek dan isi ulang air reservoir secara rutin.

3. Motor Penggerak Wiper Mati
Motor wiper yang aus atau mati tidak bisa memompa air. Dengarkan suara mesin saat menekan tombol wiper. Jika tidak ada suara, kemungkinan motor bermasalah.

4. Selang Wiper Bermasalah
Selang yang terlepas, kotor, atau bocor akan menghambat aliran air. Periksalah kondisi selang secara berkala dan ganti jika diperlukan.

Baca Juga  Sederet Cara Sehat Merawat Vagina agar Tetap Bersih dan Tidak Bau

5. Sistem Kelistrikan Mobil Bermasalah
Korsleting atau masalah kelistrikan lainnya bisa membuat motor wiper tidak berfungsi. Konsultasikan dengan bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

6. Switch Wiper Rusak
Tombol pengoperasian wiper yang rusak juga bisa jadi penyebab air wiper macet. Ganti switch wiper jika mengalami kerusakan.

Halaman Selanjutnya

3. Motor Penggerak Wiper MatiMotor wiper yang aus atau mati tidak bisa memompa air. Dengarkan suara mesin saat menekan tombol wiper. Jika tidak ada suara, kemungkinan motor bermasalah.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *