5.611 Peserta Bersaing di SAC Indonesia 2023 Kualifikasi Jawa Barat

Minggu, 24 September 2023 – 09:54 WIB

VIVA – Antusiasme para pelajar di Jawa Barat untuk mengikuti kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia, SAC Indonesia 2023 sangat besar. Babak kualifikasi Jawa Barat SAC Indonesia 2023 diikuti 5.611 peserta. Mereka berebut tiket ke National Championship.

Baca Juga :

Ajang Pembibitan Atlet Futsal, 32 Tim Bersaing di Smart Baby League 2023

Kualifikasi Jawa Barat SAC Indonesia 2023 ini berlangsung 22 sampai 24 September 2023 di di Stadion Arcamanik, Bandung. Para epserta datang dari para pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat se-Jawa Barat.

Dari 5.611 peserta, total ada 417 sekolahan yang ikut berpartisipasi di kompetisi hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia tersebut. Angka ini mengalami peningkatan signifikan dibanding musim sebelumnya, dengan tambahan sebanyak 1.287 peserta. Sebelumnya, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers berhasil melibatkan 4.324 peserta.

Baca Juga :

Guru Agama Cekik Siswa Hingga Lempar Pakai Kursi Dilaporkan ke Polisi

Ketua Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jawa Barat, Asep Sukmana, menyampaikan rasa kagumnya terhadap antusiasme luar biasa yang ditunjukkan oleh ribuan pelajar yang berpartisipasi pada gelaran ini. Hal itu dia utarakan saat secara resmi membuka SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, Jumat, 22 September 2023.

Asep yakin bahwa kegiatan sepertiSAC Indonesia ini dapat memunculkan regenerasi atlet. Jawa Barat dikenal sebagai penghasil atlet atletik hebat. Ratu tolak peluru Indonesia, Eki Febri Ekawati, lahir dari provinsi ini. Tepatnya di Kabupaten Kuningan. Rikki M. Simbolon, spesialis lari jarak jauh juga merupakan kelahiran Kabupaten Bandung. Sehingga, Asep percaya melalui kompetisi atletik sejak di bangku sekolah seperti SAC Indonesia ini akan berdampak besar pada kemajuan atletik di Jawa Barat. 

Baca Juga  Berjarak 1.000 Kilometer Lebih Dijemput Ayah Kandung, Ada Penyesalan MA Anak Pinkan Mambo Tentang Sandy Sanjaya

Baca Juga :

Opening Ceremony Asian Games 2022, Dua Atlet Ini Bawa Bendera Indonesia

“Tentunya, kami sangat mengapresiasi kegiatan SAC Indonesia ini. Karena tidak banyak kegiatan olahraga yang animo pesertanya begitu masif seperti ini bisa dilakukan. Paling tidak, kami punya pemetaan calon penerus atletik khusus untuk Jawa Barat,” ungkap Asep. 

Hari pertama dari babak kualifikasi Jawa Barat yang dimulai Jumat (22/9) berlangsung meriah dan kompetitif. Ada 10 perlombaan untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dan satu perlombaan jenjang sekolah dasar (SD).

Salah satunya adalah penyisihan middle distance (lari jarak menengah) 800 meter putri. Total 78 peserta (4 seri) 800 meter putri dari seluruh Jawa Barat bersaing untuk memperebutkan 8 slot final. Yang nantinya akan kembali berlomba pada Minggu, 24 September 2023 Dalam penyisihan kali ini, penentuan finalis diambil dari catatan waktu terbaik dari keseluruhan seri.

Pada penyelenggaraan musim lalu, ajang ini berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2.000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Kompetisi ini kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship yang rencananya akan digelar di Solo, Jawa Tengah, pada Januari 2024 nanti. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *